Foto : Kepala BKPPD Gumas Lurand (Foto : IST)

Kuala Kurun (HamauhFM) – Sebanyak 3.755 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) 2019, akan bersaing memperebutkan 189 formasi.

“Iya. Tercatat 3.755 orang, hingga ditutupnya pendaftaran pada 27 November 2019. Jumlah ini naik tiga kali lipat lebih jika dibandingkan pelamar sebelumnya,” ungkap Kepala BKPPD Kabupaten Gumas Lurand kepada awak media, Rabu (27/11/2019)

Pada tahun ini, lanjutnya, Kabupaten Gumas mendapat kuota 189 formasi untuk penerimaan CPNS dari pemerintah pusat. Rinciannya, 110 tenaga pendidikan, 65 tenaga kesehatan dan 14 tenaga teknis.

Logikanya, seluruh formasi dapat dibilang terisi. Hanya saja pihaknya belum bisa mengetahui secara rinci lokasi formasi yang dilamar, sehingga belum bisa diketahui dimana lokasi pelamar mendaftar.

“Misalnya saja dokter, yang dicari ada empat orang untuk penempatan di tiga tempat dan yang melamar ada 13 orang. Kita tidak tahu apakah para pelamar ini menumpuk di satu tempat atau tersebar,” bebernya.

Ia menambahkan, selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas. Tidak menutup kemungkinan ada pelamar yang tidak lulus verfikasi berkas. Nantinya hasil verifikasi berkas akan diumumkan, dan akan ada masa sanggah bagi para pelamar.

Sedangkan untuk masa sanggah dapat dimanfaatkan pelamar untuk menyanggah jika sebenarnya memenuhi persyaratan berkas yang sudah ditentukan, karena tidak menutup kemungkinan terjadi gangguan, mengingat pendaftaran dilakukan secara online.

“Berkas-berkas yang diminta dikirim secara online, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan atau gangguan. Masa sanggah dapat dimanfaatkan bagi pelamar untuk menyanggah hasil verifikasi berkas,” demikian Lurand.

Reporter : Jemmy Kamis