Bupati Gumas Jaya S Monong dan isteri Mimie Mariatie saat saling menyuapkan kue HUT kE-20 DWP Gumas di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Senin (9/12/2019) (Foto : Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM) – Darma Wanita Persatuan (DWP) Gunung Mas (Gumas), genap berusia 20 tahun dalam perjalanannya hingga tahun ini. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk merayakan dan memperingatinya, Puncaknya di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, pada Senin (9/12/2019).

Bupati Gumas Jaya S Monong, mengaharapkan agar DWP Gumas dapat menjadi inspirasi pembaharuan. Selain itu, DWP juga harus bisa menjadi agen perubahan dalam keluarga.

“Itu semua dapat dicapai dengan selalu meningkatkan peran sebagai kaum perempuan, untuk mengembangkan diri dan berperan aktif dalam pembangunan serta menjawab berbagai kemajuan zaman,” ucapnya saat menghadiri puncak perayaan dan peringatan HUT Ke-20 DWP Gumas di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Senin.

DWP Gumas, lanjutnya, diharapkan pula dapat berperan sebagai mitra kerja pemerintah di berbagai bidang. Caranya dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalui kegiatan ekonomi kreatif.

Apalagi, sebagai wadah organisasi bagi para istri Aparatur Sipil Negara (ASN), DWP dituntut selalu meningkatkan kualitas SDM mereka, sesuai tuntutan perkembangan zaman dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

”Anggota DWP yang merupakan istri ASN jangan hanya sebagai pendamping suami, namun harus mampu meningkatkan kualitas diri, sehingga mereka bisa menjadi pelaku utama dalam menuju ketahanan keluarga,” tandasnya.

Untuk itu, Bupati Jaya S Monong mengingatkan, DWP Gumas tidak hanya penikmat pembangunan, tetapi sebagai pelaku pembangunan itu sendiri. Oleh sebab itu, DWP harus menjadi contoh dan teladan dalam menerapkan pola hidup sederhana. “Hidup sederhana dapat menghindari ASN dari penyimpangan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-20 DWP Kabupaten Gumas Lawine Alang Isaskar menyampaikan, sebelumnya DWP kabupaten itu telah menggelar berbagai rangkaian kegiatan untuk merayakan HUT tersebut.

“Diantaranya lomba paduan suara, olahraga senam sehat bersama pensiunan PNS, istri pensiunan PNS, janda PNS dan BPJS, bazar ekonomi kreatif, serta kunjungan kerja ke pensiunan PNS,” demikian Lawine Alang Isaskar.

Foto : Jemmy Kamis/HamauhFM

Reporter : Jemmy Kamis