Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, berfoto bersama Bupati Gumas Jaya S Mononh, Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar, dan lainnya usai menandatangani piagam pencanangan zona integritas, di halaman Mapolres setempat, Senin (24/2/2020) (Foto : Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM) – Polres Gunung Mas (Gumas), mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dalam pelayanannya kepada masyarakat atau publik.

Pencanangan tersebut ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan zona integritas oleh Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, Bupati Gumas Jaya S Monong, Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar, dan lainnya, di Kuala Kurun, Senin.

Kemudian, dilakukan pula penandatanganan pakta integritas antara Kapolres Gumas dengan pejabat utama Polres Gumas, Kapolsek jajaran Polres Gumas, serta pejabat utama dan Kapolsek jajaran denhan operator pelayanan.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman menyampaikan. Zona integritas di lingkungan Polri, adalah predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menuju WBK adalah predikat yang diberikan kepada satuan kerja yang memenuhi sebagian besar program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja.

Sedangkan Menuju WBBM adalah predikat yang diberikan kepada satker yang memenuhi sebagian besar program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik.

“Dalam mewujudkan Polres Gumas menuju WBK dan WBBM, Polres Gumas mempunyai beberapa program seperti Gerakan Ratusan Pemuda, Kamis Sadar, Jumat Berbagi, dan beberapa lainnya yang akan dijalankan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong, menyatakan mendukung penuh upaya Polres Gumas dalam melakukan pencanangan  zona integritas menuju WBK dan WBBM. Karena, ini menunjukan suatu dukungan luar biasa untuk pelayanan publik di Gumas.

“Dukungan konkritnya dari Pemkab Gunung Mas, hari ini juga saya menyetujui untuk mendukung pembangunan bangunan fisik yang diperlukan untuk persyratan WBK dan WBBM,” ucapnya kepada awak media, usai menghadiri pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM di Mako Polres Gumas, Senin (24/2/2020).

Ia juga mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan seluruh pihak untuk mendukung Polres Gumas menuju WBK dan WBBM. “Ini demi kemajuan daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” demikian Jaya S Monong.

Reporter: Jemmy Kamis