Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Wabup Gumas Efrensia LP Umbing, Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman dan lainnya ketika menyerahkan secara simbolis bantuan sapi kurban dari Pemkab Gumas kepada Ketua DMI Gumas H Rusdi di Haaman Masjid Darunnajah Kuala Kurun, Jumat (31/7/2020) (Foto: Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM) – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas), memberikan bantuan sebanyak 19 ekor sapi kurban untuk perayaan idul adha 1441 H tahun ini, bagi umat muslim melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gumas.

Penyerahan bantuan sapi kurban itu, secara simbolis diserahkan oleh Bupati Gumas Jaya S Monong kepada Ketua DMI Gumas HM Rusdi untuk kemudian disalurkan ke masjid-masjid dari sejumlah kecamatan, Jumat (31/7/2020). Bupati, juga didampingi Wabup Gumas Efrensia LP Umbing, Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, dan lainnya.

Bupati Gumas Jaya S Monong menyampaikan, kegiatan penyerahan hewan kurban memang telah menjadi agenda ruin bagi Pemkab Gumas dalam rangka pembinaan kemasyarakatan.

“Khususnya, dibidang keagamaan yang bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Khususnya, umat islam di Kabupaten Gunung Mas,” ucapnya.

Ia mengatakan, Pemkab Gumas memberikan bantuan dana hibah kepada DMI Kabupaten Gumas untuk pembelian hewan kurban. Selanjutnya, DMI Gumas menyalurkan untuk pengurus masjid di kecamatan di wilayah Gumas.

“Tahun ini, jumlah hewan kurban sebanyak 19 ekor sapi yang didistribusika ke sembilan kecamatan. Dan izinkan kami mengucapkan selamat merayakan idul adha 1441 kepada umat muslim di Kabupate Gunung Mas,” kata Jaya S Monong.

Ketua DMI Kabupaten Gumas HM Rusdi, menyampaikan apresiasi dan rasa terimkasih kepada Pemkab Gumas atas perhatiannya kepada umat muslim di Kabupaten berjuluk Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Ia menyebutkan, Sembilan kecamatan yang menerima bantuan hewan kurban dari Pemkab Gumas itu, yaitu Kecamatan Kurun, Kecamatan Mihing Raya, Sepang, Tewah, Manuhing, Rungan Barat, Rungan Hulu, Rungan, dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara. “Nanti ada panitia kurban yang akan melakukan pemotongan dan pembagian hewan kurban. Semoga bermanfaat dan berkah, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu,” demikian HM Rusdi.

Reporter: Jemmy Kamis