Wabup Gumas Efrensia LP Umbing didampingi Sekda Yansiterson, dan Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekretaris Diskominfo Santik Gumas Turina Baboe di Aula Kantor Bappedalitbang, Kamis (17/9/2020). (Foto: Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM), – Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), keluar sebagai juara I lomba Inovasi Perangkat Daerah (IPD) Tahun 2020 dengan nilai 1.940.

Keluar sebagai juara kedua, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) dengan nilai 720, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) harus puas meraih juara ketiga dengan nilai 475. Atas keberhasilan itu, Dinas yang dikepalai Ruby Haris, melenggang ke tingkat nasional pada ajang sama.

“Iya. Dinas Kominfo Santik ini mewakil Gumas. Sudah kita daftarkan untuk ikut di tingkat nasional,” ucapnya kepada awak media.

Wabup mengharapkan, nantinya di tingkat nasional Tim Diskominfo Santik Gumas dapat memberika yang terbaik pada lomba IPD tersebut. “Harapannya bisa juara, juara berapa saja yang penting juara. Kalau bisa sih juara 1,” demikian Efrensia LP Umbing.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gumas Yantrio Aulia mengaatakan, penilaian lomba inovasi perangkat daerah berdasarkan persyaratan umum, kriteria, dan 28 indikator penilaian yang sudah ditentukan dalam buku panduan, yang terdapat dalam Surat Edaran Bupati Gumas.

Seperti diketahui, dari 25 perangkat daerah di lingkungan Pemkab Gumas, tercatat ada delapan perangkat daerah yang mengikuti lomba ini, sedangkan sisanya 17 perangkat daerah tidak mengikuti. Adapun bentuk inovasi yang dilombakan meliputi, tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik, dan inovasi bentuk lainnya.

Reporter: Jemmy Kamis