Kapolsek Kurun Iptu Sugeng Purwanto bersama pemerintah desa, pihak perusahaan, dan MPA Desa Teluk Nyatu berfoto bersama usai pelaksanaan pembentukan MPA, di aula kantor desa setempat, Kamis (17/9/2020). (Foto: Polsek Kurun)

Kuala Kurun (HamauhFM), – Kapolsek Kurun, Polres Gunung Mas (Gumas) Iptu Sugeng Purwanto, SH, bersama anggotanya Bripka Hidayatullah, menghadiri sosialisasi dan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA), yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Teluk Nyatu, Kecamatan Kurun.

”Pembentukan MPA ini sangat penting dan bermanfaat bagi desa, khususnya dalam menghadapi musim kemarau dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ucap Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, SIK, melalui Kapolsek Kurun Iptu Sugeng Purwanto, Kamis (17/9).

Dia mengatakan, MPA merupakan masyarakat yang secara sukarela peduli dan dapat diberdayakan untuk membantu dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Diharapkan kepada MPA yang dibentuk ini dapat lebih bersemangat dan menjaga kondisi kesehatan.

”Dengan adanya MPA Desa Teluk Nyatu, diharapkan ini dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk selanjutnya membentuk MPA. Sudah menjadi tanggung jawab kita semua dalam upaya mencegah terjadinya karhutla di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan bantuan peralatan pemadam dari salah satu perusahaan kepada MPA Desa Teluk Nyatu, yakni satu set lengkap mesin Robin merk matsumoto 50 Hp, 10 unit helm V-Gard, 10 pasang sarung tangan gosave, 10 buah masker, 10 buah sepatu boat, 13 buah seragam (kaos) MPA, dua liter oli mesin, dan lima liter bensin.

”Kami ingin bantuan alat pemadaman yang diberikan itu dapat dimanfaatkan dalam upaya pencegahan karhutla, khususnya di Desa Teluk Nyatu. Selama pelaksanaan kegiatan ini, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” demikian Sugeng Purwanto.  

Reporter: Jemmy Kamis