Ketua KPU Gumas Stepenson ketika menyerahkan salinan berita acara hasil pleno terbuka kepada perwakilan Tim Pemenangan 01 Ben-Ujang, Good Wawan di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (14/12/2020) sore. (Foto: Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM),- Pasangan calon (Paslon) Nomor urut 01 Ben Brahim S Bahat-H Ujang Iskandar berhasil unggul di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), dengan memperoleh 37023 suara sedangkan rivalnya Paslon nomor urut 02 H Sugianto Sabran-H Edy Pratowo hanya mampu mengumpulkan 8.644 suara.

Kemenangan telak itu, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Gumas pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2020 di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Senin (14/12/2020) sore.

“Kita bersyukur semua proses itu berjalan dengan baik, tidak ada kendala. Hal ini tidak lepas dari dukungan kinerja teman-teman PPK dan Bawaslu. Itulah hasil resmi dari KPU Gumas yang dilakukan secara manual,” ucapnya kepada awak media.

Ia mengakui, untuk Gumas memang tidak mencapai target nasional 77 persen untuk partisipan, karena hanya memperoleh 59 persen partisipan saja namun demikian, ia mengapresiasi dukungan dari semua kalangan dalam mendukung KPU Gumas sejauh ini.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk temaan-teman media yang sudah membantu dalam sosialisasi hingga ajakan memilih dan kami juga ucapkan terimakasih kepada aparat keamanan TNI dan Polri dalam hal pengamanan,” katanya.

Berkaitan dengan adanya PPK yang reaktif saat pelaksanaan rapid tes sebelum dimulainya rapat pleno terbuka itu, Ketua KPU Gumas menyampaikan, jika mereka langsung dilakukan swab test di rumah sakit. “Mudah-mudahan hasilnya bisa negative dan teman-teman itu sehat semua,” tandasnya.

Ia menambahkan, selanjutnya, pihaknya langsung menyampaikan hasil atau sertifikat penghitungan suara provinsi kalteng sambil menunggu jadwal rekapitulasi di tingkat Provinsi.

Sementara itu, Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman menyampaikan terimakasih atas dukungan lapisan masyarakat di Kabupaten berjuluk Habangklan Penyang Karuhei Tatau yang telah bersama-sama menjaga stabilitas Kamtibmas. “Sehingga, dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dapat berjalan dengan aman, damai, dan sehat,” demikian AKBP Rudi Asriman.

Reporter: Jemmy Kamis