Hamauh Fm – Bupati Kabupaten Gunung Mas Jaya Samaya Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing  panen telur Kelompok Tani Kambungan Habaon Hapakat di Desa Tumbang Habaon Kecamatan Tewah, Selasa (13/04/2021).

“Kebutuhan masyarakat Kabupaten Gumas terhadap telur ayam cukup tinggi, sehingga sebagian besar telur didatangkan dari luar wilayah Kabupaten Gumas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hal ini menjadi peluang bisnis dalam usaha telur ayam,” ucap Bupati Gumas Jaya.

Pemkab Gumas telah menetapkan salah satu prioritas pembangunan daerah Tahun 2019-2024 salah satunya adalah Smart Agro, yang mana salah satu komoditas yang dikembangkan melalui pertanian khususnya Bidang Peternakan adalah budi daya ayam petelur.

Lanjutnya, memasuki tahun kedua pelaksanaan Smart Agro melalui pengembangan ayam petelur di Kabupaten Gumas, Pemkab Gumas mempunyai komitmen untuk mengembangkan budidaya ternak ayam petelur di wilayah Kabupaten Gumas.

Produksi telur ini diharapkan menjadi acuan bagi peternak dalam memproduksi telur ayam segar yang berkualitas dan berdaya saing guna memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Gumas dan dapat meningkatkan perekonomian kesejahteraan masyarakat.

Bupati menyampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian agar menginstruksikan penyuluh dalam mengawasi dan mendampingi kelompok tani. Dengan adanya pendampingan yang intens, diharap produktifitas ayam petelur semakin bagus dan bisa mencapai 90 persen.

Kabupaten Gumas mempunyai dua kelompok tani peternak ayam petelur diantaranya Kelompok Tani Bina Setia di Desa Hurung Bunut Kecamatan Kurun dan Kelompok Tani Kambungan Habaon Hapakat di Desa tumbang Habaon Kecamatan Tewah.