Hamauh Fm – Sebuah pesan berantai berisi bantuan dana  Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. (PPKM) sebesar Rp 300 ribu beredar di Aplikasi Whatsapp, yang diketahui adalah hoaks atau informasi bohong.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan memastikan kebenaran tersebut melalui dinas terkait.

“Masyarakat jangan mudah mempercayai informasi atau isu yang sifatnya hoaks,” ucap Jaya saat dibincangi awak media, di Kuala Kurun, Jumat (16/07/2021).

Masyarakat hendaknya memastikan dahulu sebelum memepercayai sautu informasi yang beredar di media sosial atau pesan berantai melalui Whatsapp.  

Jika masyarakat meragukan pesan berantai yang dibagikan di media sosial atau Whatsapp, masyarakat diminta mengkonfirmasi terlebih dahulu ke pihak – pihak yang dapat dipercaya.

“Masyarakat bisa mengkonfirmasi ke Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gumas, pemerintah desa/kelurahan, atau kecamatan,” ujarnya.

Terpisah, warga Kuala Kurun Chandra mengaku dirinya juga mendapat pesan berantai terkait bantuan PPKM yang didapat dari salah satu temannya.

“Sudah lebih dari satu orang yang mengirimkan pesan hoaks tersebut ke saya. Saya merasa prihatin karena masih banyak masyarakat yang terpedaya oleh tipuan yang mengiming-imingi sejumlah uang,” tandasnya.