Hamauh Fm – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat menggelar bakti sosial, di Desa Tumbang Sian, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut), Kamis (16/09/2021).

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh TP PKK dengan menggandeng Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk-KB & P3A) serta Dinas Kesehatan setempat.

“Saya mengapresiasi bakti sosial dapat terlaksana, dengan mendatangkan dokter spesialis anak yaitu dr. Azhar Kurniawan Sp.A,” ucap Jaya saat menyampaikan sambutan.

Dirinya mengatakan hal itu merupakan salah satu upaya mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mendeteksi gangguan kesehatan yang terkait, sehingga ke depannya orang tua dapat memberikan pengasuhan sesuai kondisi pada anak.

Lebih lanjut, salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Gumas saat ini adalah pencegahan stunting yang sejalan dengan pemerintah pusat. Upaya ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal.

“Tentunya dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi layanan KB dan kesehatan reproduksi yang berkualitas, mudah diakses dan terjangkau khususnya bagi wanita menikah usia subur.

Kemudian, menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi melalui upaya promotif dan preventif.

“Tujuan lainnya adalah menurunkan dan pencegahan stunting, sehingga dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan anak yang dimulai sejak ibu mengandung bayinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan bakti sosial di Desa Tumbang Sian diwarnai dengan pemasangan implan KB, pemeriksaan kesehatan anak, pembagian bingkisan kepada ibu hamil, dan lainnya.