Hamauh Fm – Personil Polres Gunung Mas (Gumas) dan Instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan Patuh Telabang 2021, di halaman Mako Polres setempat, Senin (20/09/2021).

Kapolres Gumas Mas AKBP Irwansah saat membacakan amanat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prastyo mengatakan, apel ini bertujuan penyelidikan  dan pemetaan terhadap lokasi  atau tempat  yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19.

“Kegiatan operasi patuh Telabang 2021 dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, operasi patuh telabang ini untuk dapat mendorong masyarakat meningkatkan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan, berlalu lintas di jalan raya serta meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak semudah yang diperkirakan, karena itu arus dilakukan berbagai upaya untuk membina dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau kamseltibcarlantas sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Diharapkan operasi ini dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan membangun budaya tertib berlalu lintas,” Tandasnya.