Hamauh Fm – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berupaya mencapai target Realisasi Pendapatan dan Belanja Tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing saat membuka Rapat Koordinasi dan Pengendalian (RAKORDAL) sekaligus Evaluasi Pelaksanaan APBD Kabupaten Gunung Mas Triwulan III Tahun Anggaran 2021, di aula Bappedalitbang, Jumat (08/10/2021).

“Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi ruang untuk kita dalam memberi masukan dan saran agar kita mencapai target kinerja Tahun 2021,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, Rasio Realisasi Pendapatan dan Belanja tersebut berdasarkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pergeseran Tahun Anggaran 2021 dan masih tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai pada Triwulan III Tahun 2021 yaitu sebesar minimal 85 persen.

Pada Tahun 2021 ini mari jadikan realisasi Triwulan III sebagai tolak ukur kinerja kita dalam mengidentifikasi secara cermat serta mengantisipasi permasalahan yang ada dan atau yang akan muncul untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan koreksi agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan acuan dan rencana yang telah ditetapkan.

“Agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu, tepat mutu, tepat volume, tepat sasaran dan yang tidak kalah penting tepat administrasi,” ujarnya.

Di Kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang), yang diwakili Sekretaris  Eligato,  menyampaikan maksud dan tujuan  kegiatan yakni, Untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana pembangunan berupa realisasi atau informasi pembangunan.

“Baik keuangan maupun fisik yang didanai dari APBD dan APBN yang dilaksanakan oleh masing-masing Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas” terangnya.

Lebih lanjut, ia katakan untuk menginventarisir permasalahan dan kendala pada Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III Tahun Anggaran 2021 serta tindak lanjut dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembangunan pada Triwulan selanjutnya baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Kita dapat mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan baik program dan kegiatan dari dana APBD maupun  APBN sesuai sasaran dan target kegiatan yang telah ditetapkan,” tandasnya.