Hamauh Fm – Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 yang dilakukan di Kelurahan Kampuri, Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sejak tanggal 15 September akhirnya selesai pada 14 Oktober 2021.

Selama puluhan hari pelaksanaan TMMD, TNI dan Pemda telah menyelesaikan perehaban bangunan rumah ibadah di antaranya masjid dan gereja. Selain itu ada juga pembuatan pos kamling, pembuatan jembatan kayu, dan pembuatan jalan dengan panjang 4.500 meter dan lebar 10 meter.

“Hari ini dilaksanakan serah terima pelaksanaan kegiatan TMMD di Kampuri, baik kegiatan fisik maupun non fisik,” ucap Bupati Gumas Jaya Samaya Monong usai penutupan TMMD di Kampuri, Kamis (14/10/2021).

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Gumas sehingga pelaksanaan TMMD berjalan dengan baik dan lancar.

Mengingat besarnya manfaat dari program TMMD, Jaya berharap program ini bias kembali ada di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau pada tahun 2022 mendatang.

Sementara itu, Komandan Korem 102/Panju Panjung Brigjen Yudianto Putrajaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Staf Korem 102/Panju Panjung Kolonel Czi Wakhyono mengatakan TMMD merupakan bagian dari program lintas sektoral diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintahan serta seluruh komponen masyarakat.

Dia menjelaskan, tujuan dari TMMD adalah untuk mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat  yang diwujudkan dalam pembangunan fisik dan non-fisik.

Untuk kegiatan fisik seperti yang dijelaskan di atas, sedangkan kegiatan non-fisik di antaranya kegiatan vaksinasi, pelayanan kb kes, penyuluhan bela Negara, sosialisasi karhutla, penyuluhan narkoba dan kamtibmas.