Hamauh Fm – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar sosialisasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas di wilayah setempat di aula kantor Dinsos setempat (25/04/2022).

“Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah adanya keterlibatan teman-teman disabilitas bersama dengan Bawaslu terkait pengawasan partisipatif dalam pemilu,” ujar Komisioner Bawaslu Katriana.

Dirinya menjelaskan, kegiatan ini menjadi kegiatan pertama kalinya Bawaslu Kabupaten Gunung Mas melibatkan masyarakat untuk pengawasan partisipatif.

Diapun berharap dalam kegiatan ini peserta sosialisasi bisa memberikan masukan-masukan untuk perbaikan Bawaslu dalam pengawasan yang dalam upaya pencegahan.

Dipaparkan olehnya, alasan mengapa mengajak para disabilitas untuk mengawasi jalannya rangkaian pesta pemilihan umum karena diharapkan mereka bisa mencegah adanya money politic dengan melaporkan kasus-kasus yang demikian.

“Mereka para teman-teman disabilitas punya hak pilih dan bisa menjadi sasaran adanya money politic, black campaign, isu SARA dan lainnya,” tandasnya.