Hamauh Fm – Belasan desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) telah menetapkan nomor urut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yulius melalui Kasi Penataan dan Penguatan Kapasitas Pemerintahan Desa Philips Van Royen saat di bincangi awak media, di ruang kerjanya, Senin (18/10/2021).

“Pelaksanaan  Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Gumas akan diikuti sebanyak 14 desa yang tersebar di Kecamatan Rungan, Rungan Barat, Rungan Hulu, Tewah, dan Kahayan Hulu Utara,” ucapnya.

Adapun 12 desa yang sudah menetapkan nomor urut calon yaitu Bereng Baru, Bereng Malaka, Luwuk Kantor, Tumbang Baringei, Tumbang Bunut di Kecamatan Rungan. Lalu Tumbang Bahanei dan Tumbang Langgah di Kecamatan Rungan Barat.

Kemudian di Hantapang, Jangkit, Sangal, di Kecamatan Rungan Hulu, Batu Nyiwuh di Kecamatan Tewah, serta Teluk Kanduri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Dia mengatakan, untuk dua desa yang belum sesuai persyaratan yaitu Desa Tumbang Malahoi Kecamatan Rungan dan Tumbang Mujai di Kecamatan Rungan Hulu.

“Dua desa tersebut tidak memenuhi syarat disebabkan tidak memenuhi syarat yang dimana calon kepala desa minimal dua orang sehingga dilakukan perpanjangan pendaftaran bakal calon,” ujarnya.

Dua desa tersebut sudah memperpanjang masa pendaftaran dari tanggal 4 sampai 6 Oktober 2021. Selama masa perpanjangan pendaftaran masing masing desa bertambah bakal calon yang mendaftar.

Di Tumbang Malahoi ada empat bakal calon yang mendaftar, begitu juga di Tumbang Mujai. Saat ini panitia tingkat desa sedang melakukan penelitian berkas.

“Proses penelitian dan klarifikasi berkas dilakukan hingga 1 November 2021. Untuk penetapan dan pengundian nomor urut dilakukan pada tanggal 2 November 2021,” tandasnya.