Hamauh Fm – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar pelatihan seni dan budaya yang dilaksanakan pada Kamis 21 April sampai 22 April 2022 , di Aula Hotel Zefanya Kuala Kurun.

“Disbudpar perlu melakukan pembinaan dan pelatihan pada pengurus dan pelatih sanggar seni se-kabupaten Gunung Mas sehingga dapat mendorong sanggar agar memenuhi kriteria standar usaha sanggar seni,” ujar Bupati Gumas Jaya Samaya Monong melalui Kepala Disbudpar, Eigh Manto, Kamis (21/04/2022).

Dirinya mengatakan, dengan adanya pelatihan sanggar seni dan budaya ini diharapkan pula bisa membuat sanggar seni menjadi lebih mandiri sehingga kedepannya bisa berperan dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional.

Selanjutnya diharapkan pula kegiatan tersebut bisa membentuk karakter yang berintegritas dan berbudaya bagi generasi muda serta bisa menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Eigh Manto juga mengajak para pelaku seni untuk turut mensukseskan salah satu program Bupati dan Wakil Bupati Gumas yakni smart tourism melalui atraksi budaya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Pelatihan Sanggar Seni dan Budaya Kabupaten Gumas tahun 2022 Elkewirke menjelaskan ada dua tujuan diadakannya kegiatan ini yakni pertama untuk menumbuhkan daya cipta, karsa dan kreativitas seniman tradisional di daerah Kabupaten Gumas.

Kemudian, untuk menggali potensi sumber daya manusia, kesenian tradisional dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal daerah di Kabupaten Gumas.

Dalam dua hari, pelatihan ini akan memberikan tiga materi yakni yang pertama materi tentang manajemen atau pengelolaan sanggar, kedua tentang basis tari, dan materi terakhir tentang basis musik.

“Kegiatan ini melibatkan ketua atau pengelola sanggar seni dan budaya, pelatih tari dan pelatih musik dari 31 sanggar seni dan budaya yang terdata di Kabupaten Gumas yang total pesertanya sebanyak 50 orang,” tandasnya.