Hamauh Fm – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) launching Pelayanan Senyum Tabela (Usia Enam Belas Tahun Yuk Sudah Bisa Rekam KTP Elektronik, Tanpa Pungutan Biaya Semua Layanan Gratis ), di GPU Damang Batu, Kuala Kurun, Senin (25/04/2022).

“Ini sebuah inovasi Dukcapil Gumas untuk melakukan rekam KTP elektronik melalui layanan Senyum Tabela dengan sasaran utama pelajar SMU/SLTA,” ucap Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing.

Dirinya mengatakan, Layanan Senyum Tabela ini sebuah terobosan baru dari Aplikasi SIAK bagi Kabupaten Gumas dengan melakukan perekaman mulai usia diatas 16 tahun.

Kemudian, pada saatnya nanti dapat dicetak ketika penduduk yang bersangkutan sudah berumur 17 tahun. Terkait dengan perekaman e-ktp melalui pelayanan Senyum Tabela, bisa melakukan perekaman disekolah-sekolah.

“Yang sudah saatnya untuk memiliki KTP, supaya segera mendapatkan pelayanan rekam KTP elektroniknya,” tuturnya.

Itu merupakan suatu upaya untuk percepatan kepemilikan KTP elektronik, juga persiapan kepemilikan KTP elektronik bagi pemilih pemula dalam Pemilu, Pileg, dan Pilkada pada tahun 2024 yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dukcapil Kabupaten Gumas Barthel mengatakan kegiatan sosialisasi selalu dilaksanakan setiap tahun. Sebagai evaluasi dan upaya lanjut dari pada program kerja tahunan untuk menuju Kabupaten Gumas Tertib Administrasi Kependudukan.

“Tahun 2024 yang akan datang kita akan melaksanakan Pemilu, Pileg, dan Pilkada. Disdukcapil melalui tugas fungsi dan tanggung jawabnya adalah pemenuhan hak pilih penduduk dalam pesta demokrasi,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, pihaknya selalu berupaya melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan, menjadikan data konsolidasi bersih menuju data SIAK Terpusat.