Hamauh Fm – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasi sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak – hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Gumas Jaya Samaya Monong saat membuka Acara  Sosialisasi Dan Advokasi Pembentukan Forum Anak Daerah (FAD) Tingkat Kecamatan Se – Kabupaten Gumas, di aula Bappedalitbang, Kamis (21/10/2021).

“Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber Daya Pemerintah, Masyarakat dan dunia usaha sehingga Pemenuhan Hak – Hak Anak dapat lebih dipastikan,” ujarnya.

Dia mengatakan, Sesuai Amanat UU No. 35 Tahun 2014 Tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak, Pemerintah Daerah juga berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan Anak di daerah.

Kebijakan tersebut bertujuan diwujudkan melalui Komitmen daerah membangun kabupaten Layak Anak. Pembentukan Forum Anak Daerah tingkat Kecamatan, yang mana kegiatan tersebut merupakan wadah Partisipasi dan Jembatan anak-anak dengan pemerintah Terkait program pemerintah tentang hak anak.

“Pembahasan ini guna memberikan pemahaman yang benar dan aturan yang jelas yang bisa dimengerti, dipahami kita bersama tentang perlindungan dan pemenuhan hak anak,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Maria Efianti mengatakan kegiatan ini bertujuan terbentuknya FAD tingkat kecamatan Se-Kabupaten Gumas.

Kemudian, mendukung program kerja pemerintah terkait pemenuhan hak anak, dan penandatanganan komitmen  bersama agar semua kecamatan di Kabupaten Gumas sudah terbentuk FAD tingkat kecamatan.