Bupati Gumas Jaya S Monong ketika melantik dan mengambil sumpah janji terhadap empat Damang Kepala Adat di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Kamis (12/12/2019) (Foto : Agau/DiskominfoSP Gumas)

Kuala Kurun (HamauhFM) – Empat Damang Kepala Adat dilantik dan diambil sumpah janji oleh Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya S Monong di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Kamis (12/12/2019).

Empat Damang Kepala Adat yang dilantik, yakni Reonadi Teojen Damang Kepala Adat Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Dermanus Damang Kepala Adat Kecamatan Miri Manasa,  Komardi Damang Kepala Adat Kecamatan Rungan Barat dan Yohanes Ch Lambung Damang Kepala Adat Kecamatan Rungan.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar, stap ahli bupati, kepala Perangkat Daerah, pimpinan FKPD, camat, tokoh adat, mantir adat dan tamu undangan lainnya 

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada damang kepala adat yang baru dilantik. Beliau berharap agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Damang harus mampu menegakan hukum adat sesuai dengan yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Ia berpesan, supaya Damang Kepala Adat yang baru saja dilantik melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik. Terlebih sebagai mitra Pemerintah Kecamatan dan Dewan Adat Dayak Kecamatan, serta para mantir adat yang ada di wilayahnya. 

Di-antaranya; tugas dalam bidang pelestarian, pengembangan dan pemberdayaan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan dan fungsi sebagai penegak hukum adat dalam wilayah kedamangan.

Foto : Agau/DiskominfoSP

“Saya harapkan ketika mulai melaksanakan tugas, agar dapat memberikan contoh dan tauladan yang baik dalam memimpin penyelengaraan Kedamangan di wilahnya dan memberikan kontribusi tenaga serta pemikiran serta menjalain hubungan baik dengan semua pihak.” Demikian Jaya S Monong.

Reporter : Joni

Editor : Jemmy Kamis