Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Ketua Pelaksana KPA Gumas Efrensia LP Umbing, dan Kepala Dinkes Gumas Maria Efianti saat berfoto bersama pada kegiatan peringatan hari HIV AID Se Dunia di Kuala Kurun, Jumat (4/12/2020) (Foto: Jemmy Kamis/HamauhFM)

Kuala Kurun (HamauhFM),- Di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), sampai tahun 2020 terdapat 46 kasus HIV AIDS positif, baik yang aktif menjalani pengobatan, loss ARV (tidak mau berobat/menghilang), sudah meninggal dunia, pindah domisili.

Demikian, disampaikan Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Gumas, Efrensia LP Umbing saat kegiatan sosialisasi dan layanan pemeriksaan kesehatan dalam rangka Hari AIDS se Dunia tahun 2020 di Kuala Kurun, Jumat (4/12/2020).

“Kebanyakan Pasien ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) di Kabupaten Gunung Mas menjalani pengobatan di BLUD RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya,” ucapnya

Menurutnya, diyakini bahwa angka sebenarnya dapat lebih besar layaknya fenomena gunung es dimana yang terlihat, hanya bagian kecil di permukaan tapi sebenarnya bagian besar di dasarnya tidak terlihat.

“Hal tersebut diakibat karena berbagai faktor, antara lain kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat sehingga tidak melakukan pemeriksaan secara dini,terbatasnya penyebarluasan informasi, keterbatasan SDM serta terbatasnya akses masyarakat terhadap tes dan pengobatan HIV,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Efrensia LP Umbing yang juga menjabat Wakil Bupati Gumas melaporkan, rangkaian kegiatan pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan peran aktif masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS.

Selain dari Kegiatan sosialisasi, juga akan dilakukan pemeriksaan Rapid tes HIV AIDS terutama bagi kelompok beresiko dan masyarakat yang sukarela memeriksakan dirinya dan dilanjutkan dengan kampanye iklan layanan masyarakat dan talk show di Radio Hamauh pada pukul 18.30 WIB dengan topik  HIV AIDS, pentingnya mengetahui status HIV dan manfaat dari terapi ARV.

“Kegiatan ini, melibatkan pengurus KPA, dinas kesehatan, Rumah Sakit, Tokoh agama, tokoh masyarakat ,tokoh pemuda, kelompok sasaran atau kelompok beresiko dan pihak terkait. Kegiatan ini di danai dari Anggaran KPA Kabupaten Gunung Mas tahun Anggaran 2020,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong selaku Ketua KPA Gumas mengatakan. Tema peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2020 adalah Perkuat kolaborasi, tingkatkan 7 solidaritas : 10 Tahun Menuju Akhir AIDS 2030.

“Dengan tema ini saya berharap agar komitmen, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara segenap pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan Penyakit menular lainnya semakin kuat dan nyata,” katanya.

Tidak lupa, lanjut Jaya S Monong, juga dalam situasi pandemi ini saya tidak henti-hentinya menghimbau kita semua untuk melindungi diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, memakai hand sanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. “Ucapan terimakasih dan apresiasi saya sampaikan kepada semua pihak yang selama ini telah berupaya di dalam pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS,” demikian Jaya S Monong.

Reporter: Jemmy Kamis