Hamauh Fm – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Radio Hamauh Fm menggelar talkshow bersama legislator perempuan Gumas di Studio Radio Hamauh Fm Kuala Kurun, Selasa malam  (04/05/2021).

Talkshow yang mengangkat tema Perempuan dan Politik ini menghadirkan tiga Srikandi DPRD Kabupaten Gumas sebagai narasumber yakni Pdt Rayaniatie Djangkan M.Th, Nomi Aprilia S. Hut, dan Elvi Esie S.Sos.

“Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas keterwakilan perempuan sudah mencapai 48 persen, peningkatan partisipasi perempuan di legislatif sudah mulai terlihat nyata,” ucap anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan.

Perempuan masih merupakan kelompok pinggiran dalam lingkaran pengambil keputusan. Dunia politik adalah dunia milik laki laki yang cara pandangnya maskulin, sehingga perempuan tidak perlu terjun ke politik, karena politik itu kotor.

Perempuan yang digambarkan sebagai sosok yang halus dan lembut tidak cocok berada di zona politik yang penuh intrik dan dipenuhi oleh aroma kecurangan, konspirasi, persekongkolan, dan hal yang lainya. Hal hal inilah mengakibatkan para kaum wanita diwanti wanti supaya jangan berani memasuki wilayah politik.

Di kesempatan yang sama anggota DPRD Gumas Nomi Aprilia  mengajak kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan peran dan ambil bagian dalam membangun kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau di berbagai bidang.

“Kaum perempuan tidak boleh minder, karena kita memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kaum laki-laki,” tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Anggota DPRD Elvi Esie mengatakan, DPRD merupakan salah satu wadah strategis untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan kaum perempuan. Oleh sebab itu, kaum perempuan hendaknya tidak ragu untuk terjun ke politik.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) ini, semakin banyak perempuan yang menjadi anggota DPRD Gumas maka semakin besar peluang untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

“Namun pada intinya saya berharap kaum perempuan Gumas melakukan berbagai kegiatan yang positif, yang bermanfaat bagi orang lain,” tandas wakil rakyat dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini.