Hamauh Fm – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (DISDIKPORA) Kabupaten Gunung Mas memulai Pembinaan dan Pelatihan Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten yang dipusatkan di Kuala Kurun.

“Pelatihan seperti ini telah menjadi agenda tahunan, karena tiap tahun kita memperingati hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” ucap Kepala Disdikpora Esra saat membacakan sambutan, di GPU Damang Batu, Kamis (05/08/2021)

Dia Mengatakan, maksud dan tujuan dalam pelatihan ini untuk mempersiapkan calon anggota Paskibraka, agar dapat menjadi pemuda-pemudi yang handal dan berkemampuan tinggi sebagai satu kesatuan Paskibraka.

“Untuk diketahui bersama, bahwa terpilihnya adik-adik untuk bergabung dalam kelompok pelatihan Paskibraka ini statusnya masih dalam kategori calon anggota,” ujarnya.

Lebih lanjut, sekalipun calon anggota sudah lulus seleksi yang dilakukan tingkat sekolah SMA atau SMK tiap-tiap kecamatan beberapa waktu yang lalu, tetapi calon anggota masih akan diseleksi lagi pada periode pelatihan ini.

Kemudian, jika calon anggota dinyatakan lolos dan memenuhi kriteria hasil pelatihan, maka calon anggota yang lolos akan dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021.

Bagi calon peserta yang tidak lolos dan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam pelatihan, maka dengan sangat terpaksa akan dikembalikan kepada masing-masing sekolah pengirim.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kepemudaan Siren mengatakan 62 orang calon anggota Paskibraka yang berasal dari sekolah tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Gunung Mas.

62 orang calon anggota Paskibraka akan dilatih oleh anggota Polres Gumas sejumlah 2 orang dan anggota Koramil 1016-06 Kurun sejumlah 2 orang.

“Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan akomodasi para calon anggota Paskibraka akan di tanggung di Hotel Gunung Mas yang beralamatkan di Jalan Sangkurun Kuala Kurun,” tandasnya.